Custom Search

Rabu, 22 Juni 2011

Tips Berfikir Kreatif Untuk Melatih Memecahkan Masalah

Berapa kali Anda merasa diri Anda mengatakan bahwa tidak mungkin ada solusi lain untuk masalah Anda dan sepertinya masalah yang Anda alami mengarah ke jalan buntu? Berapa kali Anda merasa bingung mengetahui bahwa Anda tidak bisa memecahkan masalah yang Anda alami. Tidak ada pilihan dan tidak ada solusi.
Apakah rasanya seperti Anda telah kehabisan semua opsi dari semua masalah yang masih sebesar gunung, tak terkalahkan, dan tak dapat ditembus? Ketika menghadapi masalah besar tersebut  Anda mungkin merasa seperti  sedang memalu gunung baja. Tekanan yang Anda miliki untuk memecahkan masalah tersebut mungkin berlebihan.

Tetapi bersukacitalah! Mungkin masih ada harapan!

Dengan beberapa teknik pemecahan masalah kreatif Anda mungkin dapat melihat masalah Anda dalam pandangan yang berbeda. Dan menjadi seperti cahaya yang mungkin menjadi akhir dari terowongan yang  mengarah ke solusi. Berikut ini beberapa solusinya:

  • Dalam berfikir kreatif untuk sebuah pemecahan masalah  Anda harus berpikiran terbuka dengan fakta bahwa mungkin ada lebih dari satu solusi untuk masalah ini. Dan, Anda harus terbuka pada fakta bahwa mungkin ada solusi untuk masalah Anda yang bila Anda pikirkan pasti akan terpecahkan.Sekarang dengan pola pikir optimis  kita dapat mencoba untuk menjadi sedikit lebih kreatif dalam memecahkan masalah kita.

  • Mungkin alasan kita tidak bisa memecahkan masalah adalah bahwa kita belum benar-benar berusaha keras melihat apa masalahnya. Di sini, kita akan mencoba untuk memahami masalah dan memiliki pemahaman konkret karena ini adalah bagian integral pemecahan masalah. Jika Anda tahu cara kerjanya, apa masalahnya, maka Anda memiliki dasar yang lebih baik terhadap pemecahan masalah.

  • Tidak mencoba untuk membuat pernyataan sederhana dari apa masalah adalah. Cobalah untuk mengidentifikasi entitas yang berpartisipasi dan apa hubungan mereka dengan satu sama lain adalah. Mencatat hal-hal yang Anda lalui dan kekurangan dari rencana Anda untuk mendapatkan solusi apa pun dari masalah saat ini. Sekarang Anda memiliki pernyataan sederhana dari mana masalahnya.

  • Cobalah untuk mencatat semua kendala dan asumsi Anda yang memiliki potensi menambah masalah. Kadang-kadang asumsi-asumsi yang menghalangi pandangan kita dari solusi yang mungkin. Anda harus mengidentifikasi asumsi-asumsi yang berlaku, di mana asumsi-asumsi negatif itu perlu ditangani.

  • Mencoba untuk memecahkan masalah dengan menggunakan pernyataan umum. Memecahkan masalah itu terjadi dari pandangan umum terhadap bagian-bagian yang lebih rinci dari masalah itu. Tuliskan pertanyaan, dan kemudian ajukan pertanyaan itu dan kembali untuk memecahkan masalah dengan solusi satu-kalimat itu dari mereka. Solusinya harus menjadi pernyataan umum tentang apa yang dapat memecahkan masalah. Dari sini Anda dapat mengembangkan solusi lebih lanjut, dan meningkatkan kompleksitas sedikit demi sedikit.

  • Anda juga harus menjaga suara, kreatif analitis di otak Anda. Ketika seseorang datang dengan solusi prospektif, maka Anda harus mencoba berpikir bagaimana bisa membuat solusi yang bekerja. Cobalah untuk menjadi kreatif pada saat yang sama, mencari jawaban dari kekurangan solusi itu.

  • Mengingat bahwa mungkin ada lebih dari satu solusi yang dikembangkan pada satu waktu. Cobalah untuk melacak semua solusi dan perkembangan mereka. Ingat, mungkin ada lebih dari satu solusi untuk masalah ini.

  • Ingat  pepatah lama, "dua kepala lebih baik daripada satu kepala." Pepatah yang satu ini lebih benar daripada kedengarannya. Selalu terbuka untuk ide-ide baru. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari mendengarkan semua ide-ide yang setiap orang miliki. Hal ini terutama berlaku bila orang yang Anda ajak bicara telah memiliki pengalaman memecahkan masalah yang sama dengan Anda.

  • Anda tidak harus menjadi pahlawan penyendiri untuk memecahkan masalah. Jika Anda dapat mengatur pemikiran kolektif pada subjek, maka akan jauh lebih baik.

  • Bersabar, selama Anda tekun maka akan selalu ada kemungkinan dan solusi yang akan muncul dengan sendirinya. Ingatlah bahwa tak seorang pun mampu menciptakan sebuah penemuan pertama kali tanpa menekuninya.

Latihan berpikir kreatif juga dapat membantu Anda dalam mencarian pemecah masalah Anda menjadi lebih mudah.

Berikut ini adalah salah satu contoh.

Ambil selembar kertas dan tulis kata apapun yang terlintas di pikiran Anda. Sekarang lihat kata yang pertama kemudian tulis kata yang kedua yang terlintas di pikiran Anda. Lakukan hal ini terus sampai Anda dapat membangun pohon kata yang terkait. Ini akan membantu Anda membangun keterampilan analogis, dan memperkuat proses kreatif Anda.

Jadi, di waktu berikutnya Anda melihat masalah dan Anda pikir tidak bisa memecahkan, sebaiknya pikirkan lagi. Solusinya mungkin saja ada Anda tepat di depan wajah Anda. Yang dibutuhkan hanya sedikit pemikiran kreatif, beberapa perencanaan, dan banyak berusaha. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP