Custom Search

Rabu, 11 Mei 2011

Ucapan - Ucapan Yang Baik Dalam Islam

Islam mengajarkan setiap muslim agar selalu ingat kepada ALLAH, dimanapun dan dalam keadaan bagaimanapun. Dengan ingat kepada ALLAH itu kita menjadi terasa dekat kepada-Nya karena ketaqwaan. Sehingga hati kita menjadi tentram dan tenang.
Dalam saat-saat tertentu atau dalam menghadapi berbagai peristiwa dan masalah agar kita ucapkan kalimat yang baik dan pas dengan keadaannya agar kita selalu ingat kepada ALLAH dan kebesaran-Nya, Menjauhkan kita dari sifat-sifat tercela. Beberapa diantara ucapan-ucapan itu ialah:

  • SUBHANALLAH, artinya "Maha Suci Allah" .Diucapkan ketika merasa:
  1. Takjub melihat sesuatu atau pemandangan yang baik-baik, karena kebesaran Allah atas ciptaan-Nya yang bisa membuat hati bergetar bisa juga dengan mengucapkan Allahu Akbar.
  2. Mendengar ucapan yang kurang pantas tentang manusia ,lebih-lebih tentang Allah yang bernada mengurangi kekuasaan dan keagungan ALLAH.
  • LAA HAULAA WALAA QUWWATAA ILLAA BILLAAH, artinya "Tidak ada daya dan upaya dan kekuatan melainkan hanya Allah semata" Diucapkan ketika menghadapi sesuatu hal yang berat sehingga kita tidak dapat menghadapinya. ucapan seperti ini bisanya dimaksudkan untuk berserah diri kepada Allah dan untuk meminta pertolongan kepada Allah semata.
  • INSYA ALLAH, artinya "Jika Allah Menghendaki" Diucapkan ketika diminta untuk berjanji tetapi khwatir tidak sanggup menepati,yang mana lebih baik berjanji harus ditepati apabila tidak sanggup jangan berjanji ,dan perkataan Insya Allah pun harus diikuti dengan penjelasan nya kepada seseorang  yang berarti penyerahan diri terhadap segala hal yang akan kita lakukan yang mana jalan dan hasilnya itu atas kehendak Allah. tetapi kebanyakan orang malah mempermainkan kata-kata ini. untuk mengingkari janji dan mempersulit orang lain karena keegoisan dan kemalasan nya yang mana itu karena Allah, sebetulnya itu karena tidak ada niat dan usahanya untuk menepati janji.
  • MAA SYAA ALLAH, Artinya "Apa Yang Dikehendaki Allah" Perkataan ini diucapkan ketika seorang muslim merasa heran terhadap sesuatu
  • ALHAMDULILLAH,  Artinya "Segala Puji Bagi Allah" perkataan ini adalah perkataan puji syukur kepada Allah atas segala nikmat-NYA, patut lah semua mahluk hidup mengatakan perkataan yang baik ini.
  • INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI  RAAJIUN, Artinya "Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali" Perkataan ini adalah perkataan apabila seorang muslim merasakan, melihat, dan mendengar musibah, kesusahan, duka cita yang jelas perkataan ini ialah bentuk kepasrahan diri kepada Allah. 
Ada baiknya seorang muslim mengetahui dan mengerti ucapan-ucapan secara islam yang mengandung kepasrahan dan puji syukur kepada Allah, dan mampu menerapkannya kepada seseorang dengan bijaksana dan tepat guna, misalnya jangan mengucapkan perkataan Alhamdulilah kepada suatu keluarga yang sedang berduka cita karena salah satu anggota keluarganya meninggal dunia. Karena akan menyakiti perasaan.Semoga bermanfaat dan  kita semua selamat dalam menjalani hidup di dunia ini. Wassalam

    0 komentar:

    Poskan Komentar

      © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP